Wajib Upgrade! Dari Oppo Reno 4 ke Oppo Reno 5

Oppo resmi meluncurkan produk terbarunya, yakni Oppo Reno 5. Penerus Oppo Reno 4 ini mengusung beberapa peningkatan spesifikasi dibanding pendahulunya. Terutama di sektor kamera.

Berbeda dengan Reno 4 yang fokus di bidang fotografi, Reno 5 lebih menawarkan pengalaman videografi dengan berbagai fitur baru. Berstatus sebagai penerus Reno 4 ternyata tidak membuat harga Oppo Reno 5 melambung tinggi.

Oppo Indonesia akhirnya resmi meluncurkan lini Oppo Reno5 pada hari Selasa tanggal 12 Januari 2021 lalu. Melalui pengumuman resminya, harga Oppo Reno5 di Indonesia dibanderol hanya Rp 4.999.000. Bagi kamu yang berminat, Oppo Reno 5 sudah bisa kamu pesan secara online melalui toko resmi Oppo Indonesia yang ada di berbagai marketplace pada periode 13-21 Januari 2021.

Selanjutnya, Oppo Reno5 baru akan dijual perdana secara offline sejak tanggal 22 Januari 2021. Harga Oppo Reno5 yang dijual online maupun offline tetap sama. Memiliki harga yang mendekati angka Rp 5 jutaan, spesifikasi Oppo Reno5 diisi sederet detail menarik dan terbaik di kelasnya.

Implementasi jaringan 5G nampaknya makin dekat. Setelah pemerintah mulai mengumumkan implementasi 5G akan dimulai tahun ini di beberapa wilayah prioritas. Kini pabrikan smartphone mulai memperkenalkan produk yang mendukung jaringan tersebut untuk konsumen Indonesia.

Sebenarnya, smartphone 5G sudah hadir di Tanah Air sejak dua tahun lalu, akan tetapi tidak dinyatakan secara eksplisit oleh pabrikan yang mengeluarkannya. Sebelumnya, konsumen hanya mengetahui sebuah smartphone sudah mendukung jaringan tersebut atau tidak dari chipset yang digunakan.

Salah satu pabrikan yang mendobrak di tahun 2021 dengan smartphone 5G-nya di Indonesia adalah Oppo. Pabrikan asal China itu meluncurkan Reno 5 5G yang masuk dalam keluarga Reno 5 Series bersama Reno 5 dan Reno 5F.

Seri Reno 5 sebenarnya sudah diluncurkan lebih dulu di China pada bulan Desember tahun lalu. Saat itu Oppo merilis dua model yakni versi biasa dan pro. Berikut adalah pembahasan seputar Oppo Reno 5 yang diluncurkan di Indonesia!

  1. Fitur Unggulan Oppo Reno 5

Oppo Reno 5 merupakan perangkat pertama yang mengusung ColorOS 11.1. Antarmuka Oppo ini memiliki fitur utama customizable always on display dan flex drop. Membuat aplikasi dapat berjalan pada aplikasi lain atau beranda perangkat dengan layar kecil interaktif, yang mempermudah kemampuan multitasking pada Oppo Reno 5.

Fitur unggulan pada ColorOS baru tersebut adalah Three Finger Translate with Google, menerjemahkan secara tepat dan cepat dengan menggunakan screen shoot, tidak sebatas pada tulisan tapi juga gambar, dan dapat diterjemahkan dalam berbagai bahasa karena didukung Google Translate.

Oppo Reno 5 juga membawa Gaming Shortcut Mode, mempercepat peluncuran aplikasi gaming, dapat melewati update dan sejenisnya, sehingga dapat langsung masuk ke permainan. Fitur ini diklaim dapat mempercepat 15 detik saat membuka game AOV, dan juga dapat berjalan pada game PUBG dan Mobile Legends.

Ada pula fitur Bullet Screen Message, membuat notifikasi banner menjadi lingkaran mengapung, dan dapat digunakan pada WhatsApp, Telegram, LINE, Messenger dan SMS. Fitur untuk game lainnya adalah Gamer Mode yang menonaktifkan telepon sehingga dapat bermain tanpa gangguan, dan adjustable gaming touch untuk optimalisasi algoritma sentuhan layar.

  1. Keunggulan Kamera Oppo Reno 5

Oppo Reno 5 membawa tiga fitur baru pada kamera. Pertama, AI Highligt Video yang disebut pertama dalam industri, dengan algoritma kecerdasan pintar mendeteksi cahaya secara otomatis untuk menghasilkan foto yang alami.

Teknologi ini membawa skenario jika cahaya redup, ultra night video akan otomatis diaktifkan untuk menghasilkan kualitas video yang tajam.

Di dalam fitur ini terdapat HDR Life yang juga otomatis bekerja untuk menangkap subjek dengan jelas saat cahaya pada latar belakang sangat kuat, misalnya saat matahari terbit atau terbenam, sehingga baik subjek maupun latar tetap jelas.

Kedua, fitur AI Mixed Portrait yang mampu menggabungkan dua video yaitu video yang berjalan pada latar belakang dengan video portrait. Fitur baru terakhir adalah Dual-view Video untuk menangkap video depan dan belakang secara bersamaan.

Selain fitur-fitur tersebut, Oppo Reno 5 juga membawa fitur yang sudah ada pada pendahulunya, seperti AI Color Portrait untuk memisahkan subjek dengan latar, membuat latar belakang menjadi hitam putih.

Ada pula AI Monochrome Video, yang juga dapat membuat latar belakang hitam putih, dengan mengunci warna RGB pada subject. Selanjutnya, Image-clear Engine (ICE) menghasilkan bidikan jernih untuk gambar bergerak dan pengambilan cepat.

Fitur kamera yang telah ada pada Reno series, AI Scene Enhancement, juga ada pada Oppo Reno 5. Fitur ini akan mengenali subyek, misalnya makanan atau pemandangan, kemudian menyesuaikan kontras, saturasi dan kecerahan untuk mengambil gambar terbaik.

Selain itu, ada pula fitur Ultra-Clear 108MP Image, menggunakan kamera belakang untuk tekstur sangat tajam, Ultra Night Selfie mode, untuk memastikan gambar cerah, Ultra Dark Mode dapat menangkap gambar dengan jelas saat kondisi sangat gelap, Night Flare Portrait menghasilkan efek bokeh seperti kamera profesional, serta SoLoop yang memudahkan dalam penyuntingan video.

  1. Performa Terbaik Oppo Reno 5

Hardware dan software Oppo Reno 5 “diotaki” chipset Snapdragon 720G dengan proses fabrikasi 8nm dan memiliki delapan inti CPU dengan kecepatan hingga 2,3 GHz. Chip tersebut dipadu dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB yang bisa diekspansi hingga 256 GB menggunakan microSD.

Fitur lain Untuk konektivitas Reno 5 didukung Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, USB type C, NFC, dan masih terdapat audio jack 3,5 mm. Adapun fitur lain yang dibawa Reno 5 adalah Smart Message Privacy yang mencegah orang asing mengintip layar smartphone dan menyembunyikan notifikasi, Smart AirControl untuk mematikan dan menjawab panggilan menggunakan gerakan tangan tanpa menyentuh layar.

Reno 5 memiliki bentang layar 6,43 inci sementara versi Pro berukuran 6,55 inci. Kedua smartphone ini mendukung refresh rate 90 Hz, sedangkan touch sampling rate nya Reno 5 memiliki 180 Hz dan 120 Hz untuk Reno 5 Pro, dikutip Gizmochina.

Desain dan layar Seri Reno membawa ciri khas bodi ramping dan ringan. Ini terlihat dari ketebalan 7,7 mm (Starry Black) dan 7,8 mm (Fantasy Silver) serta bobotnya 171 gram. Jika diperhatikan secara langsung, perangkat Reno 5 memiliki penampilan fisik yang hampir sama dengan suksesornya, Reno 4. Faktor pembedanya hanyalah pada desain kamera depan.

  1. Perbedaan Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 5

Jika pada Reno 4 mengusung kamera depan dual punch hole, maka pada Reno 5 menganut single punch hole. Menariknya kehadiran single punch hole kamera membuat sebuah pertanyaan besar mengenai kehadiran fitur AON Sensor pada perangkat Reno 5.

Berlanjut kepada ketebalan bezel pada penampang depan perangkat, sepertinya jarak dari layar ke tepian bezel sangat identik dengan Reno 4. Hal sama dengan dimensi perangkat yang diperkirakan tidak jauh berbeda dari Reno 4.

Untuk masalah warna, sepertinya Oppo meningkatkan kemampuannya dalam teknik Reno Glow yang sebelumnya diperkenalkan pada Reno 4. Tekstur Reno Glow pada perangkat Reno 5 terlihat lebih mendetail.

Hal itu dapat diperhatikan dari pola potongan acak pada Reno 5 yang terlihat lebih jelas ketika dilihat melalui mikroskop. Sehingga kemungkinan perangkat Reno 5 dapat menghasilkan refleksi dan gradasi warna yang lebih halus dan lebih menarik.

Konfigurasi desain kamera utama Reno 5 memiliki bentuk yang identik dengan pendahulunya. Terdapat 4 Kamera yang terdiri dari 3 kamera dengan diameter lingkaran besar dan 1 kamera dengan diameter lingkaran kecil yang diletakkan pada tepi kanan atas bingkai.

Oppo juga meningkatkan kemampuan Reno 5 dengan membekali 50W Flash Charge yang diklaim 66,6 persen lebih cepat dari Reno 4 yang memiliki 40W Flash Charge. Oppo Reno 5 juga kantongi sertifikasi dari TuV Rheinland.

Baterai yang digunakan oleh Reno 5 5G berkapasitas 4.310 mAh, sedikit lebih besar dibandingkan dengan Reno 5 yang kapasitasnya hanya 4.300 mAh. Penambahan kapasitas itu juga diikuti oleh kemampuan pengisian daya cepat yang ditingkatkan hingga 65W dengan teknologi SuperVOOC 2.0.

  1. Pesaing Oppo Reno 5

Hingga saat ini, boleh dikatakan belum ada smartphone Android kelas menengah yang sudah beredar maupun akan diluncurkan dengan dukungan 5G. Semua smartphone yang chipset-nya sudah mendukung jaringan tersebut merupakan smartphone kelas atas atau high-end yang nyaris semuanya dibanderol dengan harga lebih dari Rp10juta.

Namun, bukan berarti Reno 5 5G tidak punya lawan sepadan. Belum lama ini Xiaomi meluncurkan dua smartphone flagship dengan harga terjangkau yang chipset-nya sudah mendukung 5G, yakni Mi 10T dan Mi 10T Pro. Masing-masing dapat kamu bawa pulang dengan harga Rp6,59 juta dan Rp7,59 juta.

Mi10T dan Mi10T Pro menggunakan layar IPS LCD berukuran 6,67 inci dengan keccepatan refresh hingga 144 Hz berteknologi AdaptiveSync. Tentunya refresh rate tinggi menjadi kebutuhan tersendiri bagi penggemar gim untuk menghadirkan gerakan obyek yang lebih halus.

Baterai yang digunakan oleh Mi 10T dan Mi 10T Pro berkapasitas 5.000 mAh yang sudah didukung oleh pengisian daya cepat 33W. RAM yang digunakan oleh keduanya juga tak ada perbedaan, sama-sama 8GB.

Namun, untuk penyimpanan internalnya Mi 10T Pro hadir dengan kapasitas 256GB atau lebih besar dibandingkan dengan Mi 10T yang berkapasitas 128GB. Penyimpanan internal tersebut bisa diekspansi menggunakan microSD berkapasitas hingga 512GB.

Kemudian perbedaan lain diantara Mi 10T dan Mi 10T Pro selain kapasitas penyimpanan internal terletak di sisi fotografi. Mi 10T dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP, lensa ultra-wide 13MP, dan lensa makro 5MP.

Sementara itu, untuk Mi 10T Pro lensa utama yang digunakan beresolusi 108MP seperti yang digunakan oleh Mi 10. Kamera depan keduanya yang diletakkan dalam sebuah lubang kecil dalam layar atau punch hole sama-sama beresolusi 20MP.

Tidak ada perbedaan antara Mi 10T dan Mi 10T Pro selain kapasitas penyimpanan internal dan kamera belakang. Keduanya sama-sama menggunakan tampilan antarmuka terbaru MIUI 12 berbasis Android 11.

Pemindai sidik jari juga sama-sama diletakkan di dalam layar. Pun dengan fitur-fitur lain seperti NFC, dua pelantang stereo, hingga absennya konektor 3,5 mm untuk menyambungkan smartphone ke perangkat audio konvensional.

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Latest news

Wajib Upgrade! Dari Oppo Reno 4 ke Oppo Reno 5

Oppo resmi meluncurkan produk terbarunya, yakni Oppo Reno 5. Penerus Oppo Reno 4 ini mengusung beberapa peningkatan spesifikasi dibanding pendahulunya. Terutama di sektor kamera. Berbeda...

Salah Satu RS Swasta di Semarang Dipolisikan Terkait Dugaan Malapraktik

BerandaSemarang.com - Sebuah rumah sakit (RS) swasta di Kota Semarang dipolisikan ke Polda Jawa Tengah karena dianggap ada dugaan malapraktik hingga menyebabkan pasien meninggal. Ibu pasien juga diminta...

Gubernur Jateng, Ganjar Beri Peringatan untuk Daerah yang Tidak Menerapkan PPKM

BerandaSemarang.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan pemerintah kota dan kabupaten yang tak masuk dalam SE Gubernur untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat...

Cara Penyuntikan Vaksin Meningitis untuk Orang Dewasa

Beranda Semarang - Meningitis adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan pada selaput otak dan juga di sumsum tulang belakang. Meningitis disebabkan oleh virus namun...

Related news

Wajib Upgrade! Dari Oppo Reno 4 ke Oppo Reno 5

Oppo resmi meluncurkan produk terbarunya, yakni Oppo Reno 5. Penerus Oppo Reno 4 ini mengusung beberapa peningkatan spesifikasi dibanding pendahulunya. Terutama di sektor kamera. Berbeda...

Salah Satu RS Swasta di Semarang Dipolisikan Terkait Dugaan Malapraktik

BerandaSemarang.com - Sebuah rumah sakit (RS) swasta di Kota Semarang dipolisikan ke Polda Jawa Tengah karena dianggap ada dugaan malapraktik hingga menyebabkan pasien meninggal. Ibu pasien juga diminta...

Gubernur Jateng, Ganjar Beri Peringatan untuk Daerah yang Tidak Menerapkan PPKM

BerandaSemarang.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan pemerintah kota dan kabupaten yang tak masuk dalam SE Gubernur untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat...

Cara Penyuntikan Vaksin Meningitis untuk Orang Dewasa

Beranda Semarang - Meningitis adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan pada selaput otak dan juga di sumsum tulang belakang. Meningitis disebabkan oleh virus namun...